BBM Gratis ????

BBM Seharusnya Gratis

Ini mungkin dikira provokatif. Tapi sebagai warga negara kita berhak melakukan monitor terhadap kebijakan pemerintah. Selain itu sudah saatnya pemerintah melakukan transparansi mengenai minyak yang saat ini seakan-akan ditutup-tutupi. Penentuan harga seolah-olah berasal dari langit. Setiap harga minyak dunia, kita seakan menderita. Untuk mengimbangi kalkulasi pemerintah, saya melakukan perhitungan sendiri seuai dengan informasi yang saya ketahui tentang seluk-beluk minyak Indonesia.

Saat ini kebutuhan minyak Indonesia adalah 1.3 juta barel/hari sedangkan produksi dalam negeri adalah 900 ribu barel/hari. Jadi terdapat selisih 400 ribu barel yang harus di Impor.

Kualitas minyak Indonesia sangat tinggi karena mengandung sulfur yang lebih sedikit daripada minyak dari Timur Tengah. Sehingga harganyapun akan lebih tinggi. Dengan alasan mengurangi polusi, minyak Indonesia menjadi Incaran negara-negara Eropa dan Amerika. Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, Indonesia melakukan impor minyak Timur Tengah yang harganya lebih murah.

Nah kalau kita bedakan harga minya Indonesia dengan minyak Timur Tengah, misalkan harga minyak Timur Tengah adalah 110 dollar/barrel, maka defisit minyak kita adalah juta dollar. Harga ini untuk 1.3 juta barrel minyak kebutuhan kita. Jadi harganya sama dengan 27 dollar/barrel atau 270000/505400 rupiah/liter. Sehingga harga seharusnya 5400 rupiah/liter ditambah ongkos produksi.

Perhitungan di atas tanpa memperhitungkan subsidi yang diberikan pemerintah, yang katanya untuk tahun 2008 telah mencapai 120 triliun rupiah. Selama 4 bulan pemerintah mensubsidi 120 triliun. Jadi 30 triliun/bulan atau 1 triliun/hari. Padahal perhari kita cuman defisit 35 juta dollar 10 ribu 350 miliar rupiah. Jadi seharusnya ada surplus dari subsidi sebesar 650 miliar/hari. Masak ongkos produksi mencapai 650 miliar/hari. Kalau bener semuanya habis untuk biaya subsidi, berarti ongkos produksi minyak adalah 10800 rupiah/liter (tidak mungkin). Dengan kata lain seharusnya BBM gratis dan uang subsidi bersisa lho… Aneeeeehhhhh..

Terus uang subsidi itu untuk apa?? Untuk siapa?? Kok bisa habis dan BBM ga gratis lagi.

Sudah saatnya pemerintah transparan tentang perhitungan kenaikan BBM ini. Jangan selalu menganggap masyarakat bodoh dan pemerintah yang pintar, sehingga semua kebijakan hanya didiskusikan sendiri. Saat ini rakyat sudah pintar, bahkan jauh melebihi kepintaran pemerintah yang sering menggoblokkan diri dalam memutuskan kebijakannya.

Beberapa transparansi yang harus dilakukan pemerintah adalah:

Pertama:

Bagaimana perhitungan harga saat ini ditentukan dan bagaimana perhitungan dari minyak yang dihasilkan oleh Indonesia.

Kedua:

Kemana saja subsidi 120 triliun itu digunakan.

Ketiga:

Transparansi kontrak karya minyak dengan perusahaan asing. Masak ada perusahaan asing yang menerima kontrak karya di kepulauan Natuna, dimana pemerintah tidak mendapatkan bagian sama sekali karena alasan tempat yang terpencil sehingga tidak memungkinkan dilakukannya bagi hasil. Yah kalau tidak mendapat apa-apa, mending ladang minyaknya dibiarkan saja tidak terolah. Tidak logis sama sekali. Selain itu adanya kontrak karya dimana bagian pemerintah digunakan untuk membiayai ongkos produksi. Harganya dilebih-lebihkan lagi. Sedangkan perusahaan asingnya malah langsung mengambil keuntungan bersih. Aneh, kok bukannya sebaliknya?? Lebih aneh lagi kalau ternyata banyak kontrak karya yang dilakukan secara tidak transparan, sehingga publik tidak tahu apa yang sebenarnya terjadi.

Keempat:

Sudah saatnya Pertamina untuk direformasi. Masak harga minyak yang ditawarkan ke PLN jauh lebih mahal dari harga yang ditawarkan oleh Shell?? Selain itu, sudah saatnya Pertamina untuk membeli minyak langsung dari negara produsen, bukannya dari para broker dengan harga lebih mahal. Apalagi klo brokernya karena kongkalikong dengan oknum pertamina sendiri.

Mari pemerintah melakukan transparansi pada publik. Jika benar minyak harus naik, mari kita tanggung risiko bersama-sama. Jika perhitungan yang dilakukan transparan dan memang mewajibkan harga harus naik, saya akan mendukung pemerintah sepenuhnya. Tapi bukan dengan cara kucing-kucingan seperti ini.

Tolak kenaikan harga minyak sebelum adanya transparansi dari pemerintah!!!

Advertisements

11 thoughts on “BBM Gratis ????

  1. bbm seharusnya gratis

    ini topik yang bagus, pas ,dan hangat
    bumi ini telah mengalamai krisis energi.dimana produksi minyak tiap tahun selalu menurun.dimana kebutuhan akan energi tidak ketutupi dengan produksi yang ada.

    bicara energi
    energi ada dua:
    1.energi fusi = energi yang terbatas bahan(korek api,kompor,sepeda motor,listrik,rokok,pesawat,kapal laut,dan lain-lain)contoh energi akan habis pada motor jika bensin habis.
    2.energi visi = energi yang tak terbatas bahan(matahari)energi ini tak akan ada habis nya.

    kenapa kita bergantung pada energi yang terbatas (bensin,minyak tanah,solar dan lain-lain jika ada energi yang yang tak terbatas?…………………

    karna teknologi energi saat ini hanya bisa mengolah lumpur jadi sumber energi.

    kenapa kita tidak beralih saja ke energi tanpa batas?……….

    ini masalahnya……iran produsen minyak tenama saat ini.kenapa mereka mau beralih keenergi alternatif (uranium).karena ketersedian produksi mereka jauh menurun di banding permintaan pasar.makanya mereka beralih ke uranium.telah mereka siap kan pabriknya.all hasil pihak amerika mengatas nama kan pbb(persatuan bangsa bangsa)mencekal langkah 2 iran dalam mengayakan uranium.

    kenapa harus di cekal….?
    bukan kah iran pelopor dari energi alternatif .dimana iran bisa menjawab semua tanya.menutupi semua kekurangan energi.yang kita alami selama ini.

    karna pihak amerika (pbb) berpegang dan berpandang pada pengalaman dan kenyataan.maka lahir lah peraturan. bahwa energi dalam bentuk atom ,sangat sangat dilarang karna dampak yang di timbulkan akan dahsyat dan berbahaya bagi kehidupan di muka bumi.contoh chernobil di russia yang mengayakan uranium,.jepang (naga saki dan hirosima)rata karna radiasi atom.

    iran membangkang dan mengancam akan menaikan harga minyak dunia jika amerika (pbb)tidak mencabut larangan melarang mngayakan uranium.

    all hasil minyak di pasaran dunia menjadi naik sesuai target iran.tapi bukan itu maksud iran untuk menaikan harga.

    amerika (pbb) pun mengancam akan mencekal dari segala sisi untuk mencekal iran.dari sisi militer iran di tuduh mengayakan uranium untuk persenjataan nuklir.dari sis agama iran di tuduh mengayakan uranium untuk mempersenjatai teroris (islam) dengan senjata nuklir.dari sis ekonomi iran di tuduh dalang kenaikan harga bbm.

    namun iran tak gentar sedikit pun.apa yang di sangka amerika (pbb)terhadap iran.

    namun sekarang apa yang memicuh naiknya harga bbm dunia .saya belum mengetahui jelas.

    yang jelas harga bbm dunia naik karna produksi lebih kecil dari permintaan pasar dunia.jadi ketersediaan bbm semakin hari semakin berkuarang.

    bahan baku apa yang di jadikan iran untuk energi alternatif (reaksi atom)…..?

    bahan baku yang dijadikan iran untuk energi alternatif adalah….air…..
    diamana permukan bumi ini 80% di kelilingi air.dan kita tak perlu membeli bmm lagi untuk mendapatkan energi.
    jadi untuk kedepan energi kita gratis dan tanpa batas.

    kenapa air bisa jadi energi alternatif?……
    karna air mengandung banyak unsur kimia.
    dimana unsur atom juga terdapat di dalam air.

    bagaimana proses energi alternatif dari air bisa menghasil energi?….

    menguraikan unsur unsur di dalam air menjadi beberapa bagian unsur atom.dengan cara memanaskan air
    sampai titik didih tertentu.dan bagian bagian unsur unsur tersebut.dijadikan bahan baku energi alternatif.

    contogh:
    1.hidrogen
    2.nitrogen
    3.oksigen
    4.uranium
    5,dan seterusnya

    diantara semua unsur ter sebut.hidrogen lah yang paling ber bahaya,yang paling ringan.paling mudah terbakar.

    bayangkan dalam satu balon udara yang berisi gas hidrogen akan mudah terbakar jika jarak 1 meter ada energi yang membuat hidrogen bereaksi(api).

    energi akan gratis jika teknologi iran bisa diterima dunia.hanya membeli peralatan produksi pengurai air menjadi gas.maka energi kita tidak terbats lagi.listrik tak akan mati lagi.sepeda motor tak kan antri lagi di spbu.kompor takkan kehabisan minyak tanah lagi.

    inisiatif pemerintah untuk subsidi bbm.
    hanya untuk mengulur waktu agar kita bisa menyesuaikan perekonomian kiat.dimana pengeluaran tak sebanding dengan pengeluaran.dengan di turun kan nya subsidi dana cair maka kita bisa menyesuai kan pengeluaran kita untuk jang 3 bulan keatas.karna negara tidak berperang dalam bentuk fisik tapi negara berperang dlam bentuk materi atau ekonomi.

    di satu sisi america betul
    disatu sisi iran betul

    jadi kita tunggu saja mereka berdamai.dan kita dapat energi tanpa batas.

    waduh capek dechh….

  2. inisiatif pemerintah menunda kenaikan harga bbm beberapa bulan dari harga pasar dunia itu sangat sangat di pertimbangkan dengan sangat cermat.untuk mengurangi dampak sosial dan ekonomi yang tak di ingin kan terjadi di dalam negri indonesia.maka di turunkan dana subsidi langsung cair.dengan begitu begitu pemerintah bisa mempertahankan tingkat keamanan dan kestabilan ekonomi indonesia.

    hidup indonesia…..
    hidup indonesia…..
    hidup indonesia…..

    merdeka………

    moga tak ada demonstran yang rusuh pasca bbm naik……

  3. Amien….!

    Tapi, seharusnya pemerintah harus lebih transparant dalam mengolah SDA Indonesia.

    Kita nggak mau khan, Minyak Bumi yang tinggal seupil itu diambil orang ???

    Truz, masyarakat kita ini rata2 tergantung banget ama yang namanya Minyak Bumi. Susah buat ngilangin kebiasaan ituch…! Perlu kerja keras.
    COntohnya, program konversi energi. Masyarakat banyak yang enggan memakai gas. Padahal cuma untuk masak.

  4. amien…..!

    iya siii……SDA…memang harus transparan.
    untuk informasi yang saya ketahui (nggak akurat amirrrr….).
    jaman presiden suharto semua hasil bumi (darat,laut dan udara)adalah milik negara dan di kelola atas persetujuan negara.

    contoh:HUTAN.

    semua pengelola hutan harus mempunyai izin HPH (hak pengelolaan hutan)dan mereka di kenai pajak.
    dan hasil dari pajak pengelolaan hutan semua jatuh ke pusat.
    akibatnya pembangunan tak merata.

    Namun sekarang jaman reformasi.semua telah berubah.
    semua hasil bumi (darat,laut dan udara)adalah milik negara.dan di kelola oleh putra daerah(provinsi).
    jadi seluruh hasil negri indonesia ini di kelola oleh masing provinsi itu sendiri.
    dan ini di sebut OTONOMI DAERAH.

    makanya sekarang pembangunan di setiap masing masing provinsi meningkat 20 kali lipat tiap tahunnya di banding jaman presiden suharto.

    untuk minyak juga begitu.
    seperti CALTEX sekarang berganti nama CHEVRON.
    sekarang da dikelola oleh putra daerah pekan baru riau untuk loaksi rumbai duri dumai dan sebagainya.
    kita kihat dan rasakan sendiri pembangunan sekarang jauh meningkatnya.dari jaman presiden suharto.
    untuk bagi hasil kira kira 35% putra daerah 15% pusat 50 % produksi(kontrak proyek = california texas oil = CALTEX).
    makanya kalau mau hasil untuk putra daerah lebih tinggi kita harus menjalani proyek itu sendiri.dengan hasil 85% putra daerah 15 % pusat.

    ya…. ini kan ada solusi nya.
    saksikan saj sendiri:

    http://www.runyourcarwithwater.com/

    untuk kompor kita da bisa pake kompor listrik.yang energinya dari energi listrik dari genset mini dari tenaga air.
    cukup kok untuk menutupi kebutuhan energi listrik rumah tangga.

  5. Kebijakan tinggalah kebijakan, demontrasi juga akan berlalu begitu saja, dan pada akhirnya rakyat kecil juga yang semakin menderita. Dan sampai kapanpun tidak akan ada pihak yang perduli. Sepanjang para pemimpinya hanya sekedar menuruti hawa nafsunya, mental masyarakat yang semakin individualis. BBM “hanyalah” salah satu persoalan kecil di negri ini, pencerdasan masyarakat yang tidak pernah dilakukan oleh pemerintah. Jadi apa kita masih nunggu dan menunggu lagi kebijakan dari pemerintah? Cape deh !

  6. Amin!

    Saia emang bener2 ga tau apakah sebesar itu subsidi untuk pemerintah, tapi kalau dihitung seperti itu, hasilnya bener lho…

    Dugaan yang banyak mengalir di antara kita pasti menyangka bahwa subsidi itu kebanyakan masuk ke dalam “kantong-kantong” banyak oknum. Dan, siapakah gerangan oknum2 itu? ……….. who knows?

    Kayaknya para lintah2 duit itu juga harus diberantas, sebelum duit2 yang dikucurkan untuk rakyat habis dihisap oleh “mereka”…

  7. van, di/pada Mei 17th, 2008 pada 11:03 am Dikatakan:
    sudah saatnya indonesia mengembangkan energi nuklir untuk memenuhi kebutuhan akan energi di indonesia kayaknya

    ide yang cemerlang…..
    untuk proyek seperti yang di maksud kan VAN saya pribadi sangat mendukung.

    sekarang kita lihat dari segala sisi manfaat dan rugi nya.
    tapi itu semua pasti ada pro dan kontra

    sapa yang PRO….?

    sapa yang KONTRA….?

    ATOM BERBAHAYA UNTUK KEHIDUPAN DI MUKA BUMI……..

    kenapa PBB sangat melarang dalam hal pengembangan atom…….?

    KENAPA ATOM BISA MENIMBULKAN REAKSI DAN MENGAKIBATKAN TERANCAMNYA KEHIDUPAN DI MUKA BUMI…….?

    ayo kita cari solusinya………..

  8. apa untung dan rugi nya jika indonesia mengikuti jejak RUSSIA , IRAK , IRAN , KOREA……?

    apakah indonesia mau mencalonkan NEXT MISSION WRONG PROJECT.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s